Di dalam kitab alfiyah ibnu malik, terdapat nadhoman yang menjelaskan tentang khobarnya inna yang tidak boleh dimasuki lam ibtida’, sebagai berikut wa ba’da dza til kasri tashhabul khobar lam ibtidaa I nahwu inniy lawazarun wala yaliy dzil laama ma qod nufiya wa la minal af’ali ma karodhiya wa qod yaliha ma’a qod ka anna dza laqod sama ‘alal ‘iday mustahwidza
وَ بَعْدَ ذَاتِ الْكَسْرِ تَصْحَبُ الْخَبَرْ لَامُ ابْتِدَاءٍ نَحْوُ اِنِّى لَوَزَرٌ
Artinya : Dan diperbolehkan pada khobarnya inna yang terbaca kasroh hamzahnya diberi lam ibtida’, seperti lafadz inniy lawazarun (sesungguhnya aku niscaya akan menguasai)
وَلَايَلِى ذِى الْلَامَ مَا قَدْ نُفَيَا وَلَا مِنَ الْاَفْعَالِ مَا كَرَضِيَا
Artinya : lam Ibtida’ tidak bisa berdampingan dengan khobarnya inna yang dinafikan, dan lam ibtida’ juga tidak bisa berdampingan dengan khobarnya inna yang berupa fi’il madhi yang mutashshorif yang tidak bersamaan dengan qod seperti lafadz rodhiya.
وَقَدْ يَلِيْهَا مَعَ قَدْ كَاِنَّ ذَا لَقَدْ سَمَا عَلَى الْعِدَا مُسْتَحْوِذَا
Artinya : Lam ibtida’ bisa berdampingan dengan khobarnya inna yang berupa fi’il yang seperti inna jika bersamaan dengan qod seperti contoh اِنَّ ذَى لَقَدْ سَمَا عَلَى العِدَا
Penjelasan menurut Ustadz Amdad hamdani dari Sidogiri (wa ba’da dzatil kasri) sebagai berikut khobarnya inna yang dibaca kasroh hamzahnya, itu boleh dimsuki lam ibtida’, kemudian lam ibtida’ yang masuk pada khobarnya inna ini menentukan hamzahnya inna harus dibaca kasroh contoh اِنِّى لَوَزَرٌ (inniy liwazarun) asalnya adalah لَاِنِّى وَزَرٌ lainniy wazarun kemudian lam dipindah kebelakang, sebab orang arab sengit terhadap berkumpulnya dua huruf taukid di permulaan kalam. Kamudian lam itu disebut lam muzahlaqoh.
Penjelasan Nadhoman kedua (wala yaliy dzil laama) sebagai berikut khobarnya inna yang dinafi’kan tidak boleh ditemui dengan lam ibtida’, maka lafadz اِنَّ زَيْدًا لَلَا يَقُوْمُ inna zaidan lala yaqumu sebab lam ibtida’ itu untuk menaukid kalam kalam itsbat, tidak kalam manfay, hal ini dan khobarnya inna yang seperti lafadz rodhiya, (fi’il madhi yang mutashorrif) juga tidak boleh ditemui dengan lam ibtida’, maka lafadz اِنَّ زَيْدًا رَضِيَا inna zaidan rodhiya tidak boleh dibuat menjadi اِنَّ زَيْدًالَرَضِيَا inna zaidan larodhiya sebab lam ibtida’ itu asalnya masuk kepada isim sedangkan fi’il mudhori’ yang mutashorrif tidak menyerupai kepada isim.
Penjelasan Nadhoman ke tiga (wa qod yaliha) sebagai berikut : khobarnya inna yang berupa fi’il madhi yang mutashorrif yang bertemu dengan qod itu boleh ditemui dengan lam ibtida’ tetapi sedikit adanya, اِنَّ قَدْ سَمَا عَلَى العِدَا inna qod samaa ‘alal ‘ida boleh dibaca inna dza laqod sama ‘alal ‘idaa اِنَّ ذَى قَدْ سَمَا عَلَى العِدَا boleh dibaca اِنَّ ذَى لَقَدْ سَمَا عَلَى العِدَا inna dza laqod sama ‘alal ‘idaa, sebab qod dapat mendekatkan kepada zaman haal, maka fi’il madhi yang ditemui qod serupa dengan fi’il mudhori’ yang fi’il mudhori’nya itu menyerupai kepada isim.