Di dalam kitab alfiyah ibnu malik, terdapat nadhoman yang menjelaskan tentang kana yang merofa’kan mubtada’ dan menashobkan khobar. sebagaimana nadhoman berikut Tarfa’u kanal mubtada isman wal khobar tanshibhu kakana sayyidan umar kakana dholla bata adhha ashbaha amsa wa shoro laisa zala barikha fati a wan fakka wa hadzihil arba’ati lisyibhi nafyin au linafyin mutba’ahu wa mitslu kana dama masbuqon bima kaa’thin ma dumta mushiban dirhama
تَرْفَعُ كَانَ الْمُبْتَدَا اِسْمًا وَ الْخَبَرُ تَنْصبْهُ كَكَانَ سَيِّدًا عُمَرُ
Artinya : Pengalamannya كَانَ itu merofa’kan mubtada’ dan menjadi isimnya. Serta menashobkan pada khobar, seperti lafadz كَانَ سَيِّدًا عُمَرُ
كَكَانَ ظَلَّ بَاتَ اَضْحَى اَصْبَحَا اَمْسَى وَصَارَ لَيْسَ زَالَ بَرِحَا
Artinya : menyamai kana dalam pengamalannya, lafadz ظَلَّ, بَاتَ, اَضْحَى, اَصْبَحَا, اَمْسَى, وَصَار, لَيْسَ, زَالَ, بَرِحَا
فَتِئَ وَانْفَكَّ وَهَذِهِ الْاَرْبَعَة لِشِبهِ نَفْيٍ اَوْلِنَفْيٍ مُتْبَعَهُ
Artinya :. فَتِئَ dan انْفَكَّ serta empat lafadz terakhir disyaratkan dengan diikuti nafi atau serupa nafi’
وَ مِثْلُ كَانَ دَامَ مَسْبُوْقًابِمَا كَأَعْطِ مَادُمْتَ مُصِيْبًادِرْهَمَا
Artinya : dan menyamai kana dalam pengamalannya yang lafadz dengan didahului ma masdariyyah, seperti lafadz أَعْطِ مَادُمْتَ مُصِيْبًادِرْهَمَا (memberilah kamu selama masih memperoleh dirham)
Penjelasan menurut Ustadz Hamdani As Sidani (Tarfa’u kanal mubtada dan seterusnya…) sebagai berikut setelah menerangkan mubtada’ dan khobar, maka disini menerangkan amil-amil yang beramal kepada mubtada’ dan khobar. Diantara amil-amil itu adalah kana wa akhowatuha. Kana dan kawan-kawannya beramal merofa’kan mubtada’ menjadi isimnya. Dan menashobkan khobar menjadi khobarnya. Contoh زَيْدٌ قَائِمٌ menjadi كَانَ زَيْدٌ قَائِمًا , dan lafadz عُمَرٌ سَيِّدٌ menjadi كَانَ عُمَرٌ سَيِّدًا
Nadhoman kedua dan ketiga (kakana dholla bata dan fatia wanfakka …) sebagai berikut kawan-kawan kana yang merofa’kan isim dan menashobkan khobar adalah ظَلَّ, بَاتَ, اَضْحَى, اَصْبَحَا, اَمْسَى, صَار, لَيْسَ, زَالَ, بَرِحَا, فَتِئَ, انْفَكَّ, amil empat yang akhir (زَالَ, بَرِحَا, فَتِئَ, انْفَكَّ) bisa beramal seperti kana itu dengan syarat harus didahului nafiy, contoh لَايَزَلُوْنَ مُخْتَلِفِيْنَ. Atau syibh nafi., contoh :
لَايَزَالَ اللّهُ رَاحِمَالَكُمْ لَاتَزَلْ مُجْتَهِدًا, adanya syarat tersebut sebab kalam yang dimasuki kana wa akhowatuha itu Itsbat, sedangkan lafadz zala, fati a, barikha, infakka ini mengandung makna nafiy, maka agar bisa itsbat harus didahului nafi atau syibh nafiy.
Naddhoman ke empat (wa mitslu kana dama masbuqon seterusnya…) lafadz dama itu bisa beramal seperti kana, dengan syarat harus didahului dengan ma masdariyah dhorfiyyah. Contoh : اَعْطِ مَادُمْتَ مُصِيْبًادِرْهَمًا, lafadz mushiban menjadi khobar dama, dhomir ta’ khitob menjadi isimnya. Syarat tersebut tidak mewajibkan dama (دَامَ) untuk beramal. مَادَامَتِ السَمَوَاتُ و الْاَرْضِ. Lafadz dama sudah terletak setelah ma masdariyyah dhorfiyyah tetapi dilakukan fi’il madhi yang merofa’kan fa’il lafadz asy samawatu, lalu disebut dama syam (tidak menashobkan khobar) , sebab wujudnya syarat tidak mewajibkan wujudnya masyrutun. Menegecualikan bila alfadz dama didahului ma nafiyyah. Contoh مَادَامَ شَيْئٍ atau ma masdariyah yang bukan dhorfiyyah.
يَعْجِبُنِى مَادُمْتَ صَحِيْحًا اى دوامُكَ صَحِيْحًا .,maka dama tidak beramal (Disebut دام تام) lafadz shohihan menjadi khal
3 Komentar