Di dalam kitab alfiyah ibnu malik, terdapat nadhoman yang menjelaskan tentang lam alif yang mufrod dimabnikan fathah, sebagai berikut wa rokkibil mufroda fatihan kala haula wala quwwata wats tsaanij’ala marfu’an au manshuban au murokkaba wa in rofa’ta awwala la tanshiba
وَرَكَّبِ الْمُفْرَدَ فَاتِحًا كَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ وَالثَّانِ جْعَلَا
Artinya : Tarkiblah pada isimnya lam alif yang mufrod dengan dimabnikan fathah, seperti lafadz lam alif yang mufrod dengna dimabnikan fathah, seperti lafadz لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ dan jadikanlah isimnya لا yang kedua
مَرْفُوْعًا اَوْ مَنْصُوْبًا اَوْ مُرَكَّبَا وَاِنْ رَفَعْتَ اَوَّلًا لَاتَنْصِبَا
Artinya : Dibaca rofa’ atau dibaca nashob, atau ditarkib (seperti tarkibnya خَمْسَةَ عَشَرَ dengan dimabnikan kepada fathah) dan apabila sudah membaca rofa’ pada isimnya لا lam alif yang pertama,maka jangan membaca nashob pada isimnya (لا) lam alif yang kedua
Penjelasan menurut ustadz ahmad hamdani as sidani sebagai berikut : isimnya la linafsil jinsi yang mufrod (tidak mudhof dan tidak syibh mudhof) itu harus mabni fathah, contoh la rojulu fi ddar, karena isimnya lam alif itu ditarkib dengan lam alif seperti khomsta ‘asyaro atau lainnya. Demikian itu bila isimnya lam alif tidka di athof dengan isim lain, apabila isimnya lam alif itu tidak diathofi dengan isim lain dan huruf lam alif di ulangi, seperti la haula wa la quwwata, maka isimnya lam alif yang awal dan yang tsaniy boleh dibaca berupa wajah, bukan hiya mabniy fathah.
Penjelasan Nadhoman kedua (watsanij ‘ala marfu’an au manshuban) di dalam contoh la haula wa la quwwata tersebut dan sesamanya, isimnya lam alif yang kedua boleh dibaca rofa’ nashob murokkab (mabniy fathah) adapun isimnya lam alif yang awal boleh dibaca rofa’. Murokkab mabniy fathah,
- لَاحَوْل وَلَاقُوَّةٌLa haula wa la quwwatun. Lafadz quwwatun di’athofkan kepada mahalnya lam alif dan haula, sebah mahal itu rofa’ bil ibtida’, atau lam alif yang kedua beramal seperti laisa,
- لَاحَوْل وَلَاقُوَّةًLa haula wa la quwwatan lafadz quwwatan di athofkan kepada mahalnya lafadz haula, sebab mahalnya itu nashob, lam alif yang kedua dihukumi zaidah.
- لَاحَوْل وَلَاقُوَّةًLa haula wa la quwwata, lam alif yang awal dan kedua beramal seperti inna, (qouluhu, wa in rofa’ta aula dan seterusnya) bila isimnya lam alif yang awal dibaca rofa’ maka isimnya lam alif yang kedua dibaca rofa’, maka isimnya yang kedua tidka boleh dibaca nashob. Sebab isimnya lam alif yang awal tidak ada yang dibaca nashob.
- La haula wa la quwwatun, lam alif berdua beramal seperti laisa,
- La haula wa la quwwatun, lam alif yang awal beramal seperti laisa, lam alif yang kedua beramal seperti inna, tidak boleh di baca la haula wa la quwwata