Di dalam kitab alfiyah ibnu malik, terdapat nadhoman yang menjelaskan tentang nashobkanlah af’alul qulub dengan fi’il, sebagai berikut inshib bifi’lil qolbi juz an ibtida a’niy roa khola ‘alimtu wajada dhonna hasibtu waza’amtu ma ‘adda khaja daro wa ja’alaladza ka’taqoda wah ab ta’allam wallatiy kashoyyaro aidhon bihan shib mubtadan wa khobaro
اِنْصِبْ بِفِعْلِ الْقَلْبِ جُزْأَىْ اِبْتِدَا اَعْنِى رَأى خَالَ عَلِمْتُ وَجَدَ
Artinya : nashobkanlah dengan fi’il qolb pada dua juznya jumlah yang mempunyai amil maknawi ibtida’ (mubtada’ Khobar) yang dikehendaki dengan fi’il
ظَنَّ حَسِبْتُ وَزَعَمْتُ مَعَ عَدَّ حَجَا دَرَى وَجَعَلَ اللَّذَ كَاعْتَقَدَ
Artinya : fi’il qolb yaitu lafadz وَحَدَ, حَالَ, رَأَى, عَلِمْتُ, lafadz حَسِبْتُ,ظَنَّ,دَرَى, حَجَا, عَدَّ, زَعَمْتُ dan lafadz جَعَلَ yang bermakna seperti اِعْنَقَدْ
وَهَبْ تَعَلَّمْ وَ الَّتِى كَصَيَّرَا اَيْضًابِهَا انْصِبْ مُبْتَدًا وَخَبَرَا
Artinya : lafadz تَعَلَّمَ, هَبْ dan fi’il yang bermakna seperti صَيَّرَitu juga menashobkan pada mubtada’ dan Khobar.
Penjelasan nadhoman menurut ustadz Hamdani : af’aluil qulub (fi’il yang dilalui pekerjaan hati itu beramal menashobkan mubtada’ dan Khobar menjadi maf’ul duwanya,af’alul qulub tersebut adalah
- lafadz رَأَى dengan makna عَلِمَ contoh : رأَيْتُ اللَّهَ اَعْظَمَ كُلَّ شَيْءٍ
- Lafadz خَالَ dengan makna dhonna ظَنَّ contoh : يَخَالُ الْ فِرَارَ يُرَاخِى الْاَجَلَ
- Lafadz عَلِمَ Dengan makna ,,, contoh : عَلِمْتُكَ البَاذِلَ الْمَعْرُوْفَ
- Lafadz وَجَدَ dengan makna ظَنَّ contoh : ظَنَنْتُ زَيْدًا صَدِيْقًا
- Lafadz ظَنَّ contoh : ظَنَنْتُ زَيْدًا صَدِيْقًا
- Lafadz حَسِبَ dengan makna ظَنَّ contoh : حَسِبْتُ التُّقَى وَالْجَودَ خَيْرَ تِجَارَةٍ
- Lafadz زَعِمَ dengan makna ظَنَّ contoh : . زَعَمْتَنِى شَيْخًا
- Lafadz عَدَّ dengan makna ظَنَّ contoh : َلَا تَعْدُدْ الْمَوْلَى شَرِيْكَكَ فِى الْغِنَى
- Lafadz حَحَا dengan makna ظَنَّ contoh : قَدْ كُنْتُ اَحْجُوْ اَبَا عَمْرٍو اَخًاثِفَةً
- Lafadz دَرى dengan makna عَلِمَ contoh : دَرَيْتُ زَيْدًا عَالِمًا
- Lafadz جَعَلَ dengan makna اِعْتَقَدَ contoh : وَجَعَلُوْا الْمَلَائِكَةَ الَّذِيْنَ هُمْ عِبَادُ الرَّحْمنِ اِنَاثًا
- Lafadz هَبْ dengan makna ظَنَّ contoh : فَهَبْنِي اِمْرَأً هَالِكًا
- Lafadz تَعَلَّمَ dengan makna اِعْلَمْ contoh : تَعَلَّمْ شِفَاءَ النَّفْسِ قَهْرُ عَدُوِّهَا
Keterangan
- Di dalam contoh nomor 2 lafadz الفِرَارُ menjadi maf’ul awal jumlah nya lafadz يُرَاخِى الْاَجَلَ menjadi maf’ul tsaniy
- Di dalam contoh nomor 3 dhomir kaf khitob menjadi maf’ul awal, lafadz الباذلَ menjadi maf’ul tsaniy
- Di dalam contoh nomor 6 lafadz الثُقَى menjadi maf’ul awal lafadz خَيْرَ تِجَارَةٍ menjadi maf’ul tsaniy
- Di dalam contoh nomor 11 lafadz الْملَائِكَةَ menjadi maf’ul awal lafadz اِنَاثًا menjadi maf’ul tsaniy
- Di dalam contoh nomor 12 ya’ dhomir mutakallim menjadi maf’ul awal lafadz imro’an menjadi maf’ul tsaniy,
Qouluhu wallatiy kashoyyaro , fi’il yang seperti lafadz shoyyaro itu af’alul shoyruroti (fi’il yang bermakna menjadikan) itu beramal seperti af’al qulub (menashobkan mubtada’ dan Khobar menjadi maf’ul duwanya) af’alul shoyyuroh adalah lafadz صَيَّرَ, جَعَلَ, وَهَبَ, رَدَّ, تَرَكَ, اِتَّخَذَ, contoh وَاتَّخَذَ اللَّهُ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلًا