Menu

Mode Gelap
Arti Kata Apel Besar Menurut KBBI Arti Kata Apel Bendera Menurut KBBI Arti Kata Apel Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Arti Kata Ape Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Arti Kata Apatit Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Arti Kata Apatis Menurut KBBI dan Contoh Kalimatnya

Al Qur'an

Enam Kata Anjing (Kalbun) di Al Qur’an dan Al Hadits

badge-check

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari kata Ghonamun, anda ingin membaca tentang fi’il madhi atau kosakata yang lain, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

 Ketika kita membaca Al Qur’an dan hadits maka kita akan mendapatkan beberapa kosakata tentang anjing (kalbun),  tulisan arab kalbun adalah (كَلْبٌ). Adapun Kalbun termasuk isim mufrod bentuk jamak dari kata kalbun adalah Kilabun (كِلَابٌ), Kata kalbun bisa berubah menjadi كَلْبُهُ kalbuhu artinya anjing dia laki-laki, كَلْبُهُمْ kalbuhum artinya anjing mereka laki-laki atau كَلْبُكَ kalbuka artinya anjing kamu laki-laki.

Enam Kata Anjing (Kalbun) di Al Qur'an dan Al Hadits

Lebih lengkapnya mengenai perubahan kata kalbun, tashrif dan contoh kalimatnya silakan klik pada link berikut , (كَلْبٌ) Kalbun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

Berikut adalah 6 contoh kalimat dengan kata kalbun (كَلْبٌ) di Al Qur’an dan Al Hadits. Adapun warna biru kami berikan kepada lafadz kalbun (كَلْبٌ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. سَيَقُوْلُوْنَ ثَلٰثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْۚ وَيَقُوْلُوْنَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا ۢ بِالْغَيْبِۚ وَيَقُوْلُوْنَ سَبْعَةٌ وَّثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْۗ artinya Kelak (sebagian orang) mengatakan, “(Jumlah mereka) tiga (orang). Yang keempat adalah anjingnya.” (Sebagian lain) mengatakan, “(Jumlah mereka) lima (orang). Yang keenam adalah anjingnya,” sebagai terkaan terhadap yang gaib. (Sebagian lain lagi) mengatakan, “(Jumlah mereka) tujuh (orang). Yang kedelapan adalah anjingnya.” (Al Kahfi ayat 22)
  2. فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ الْكَلْبِۚ اِنْ تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ اَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَثْۗ artinya maka perumpamaannya seperti anjing, jika kamu menghalaunya dijulurkan lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia menjulurkan lidahnya (juga). (Al A’rof ayat 176)
  3.  وَكَلْبُهُمْ بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيْدِۗ  artinya sedangkan anjing mereka membentangkan kedua kaki depannya di muka pintu gua. (Al Kahfi ayat 18)
  4. لاَ تَدْخُلُ الْمَلاَئِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ تَمَاثِيلُ (رواه البخاري ومسلم واللفظ له عَنْ أَبِى طَلْحَةَ الأَنْصَارِىِّ رضي الله عنه) artinya “Malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing (dipelihara) dan patung (untuk disembah).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dengan redaksi dari Muslim dari Abu Thalhah Al-Anshari radhiyallahu’anhu) hadits yang menjelaskan tentang dampak memelihara anjing dan meletakkan patung di rumah di mana bisa menjadi penghambat malaikat rahmat datang ke rumah.
  5. طُهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيهِ اَلْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ, أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ – أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ artinya “Sucinya tempat air seseorang di antara kalian jika dijilat anjing ialah dengan dicuci tujuh kali, yang pertamanya dicampur dengan tanah.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu). hadits yang menjelaskan tentang najisnya anjing dan cara mensucikannya.
  6. مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ مَاشِيَةٍ أَوْ ضَارِيَةٍ ، نَقَصَ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ عَمَلِهِ قِيرَاطَانِ (رواه البخاري ومسلم عن ابْنِ عُمَرَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُماَ) artinya Barangsiapa yang memelihara anjing, selain anjing ternak dan anjing untuk berburu, maka berkuranglah setiap hari dari perbuatannnya dua qirath.” (HR. al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar raḍiyallahu’anhuma) hadits yang menjelaskan tentang larangan memelihara anjing, selain untuk berburu, menjaga kebun dan keperluan lainnya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

(دَرْسٌ) Darsun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

13 September 2024 - 10:25 WIB

(يُؤْمِنُ) Yu’minu Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya di Bahasa Arab

12 September 2024 - 08:25 WIB

(يَرْجِعُ) Yarji’u Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

12 September 2024 - 07:59 WIB

(رَجَعَ) Roja’a Artinya, Contoh Kalimat dan Tasrifnya

10 September 2024 - 21:00 WIB

(نَجِسٌ) Najisun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

6 September 2024 - 03:59 WIB

Trending di Arab