Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(يَرِثُ) Yaritsu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya Yaritsu (يَرِثُ)?

Yaritsu merupakan bentuk fi’il Mudhori’. Yaritsu artinya sedang mewarisi. Tulisan Arab Yaritsu adalah يَرِثُ , di mana kata Yaritsu terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf ro’ dan huruf tsa’. Kata Yaritsu bisa berubah menjadi taritsu dan naritsu tergantung dhomir muttashil yang berada di depannya.

Tashrif Lughowi fi’il Mudhori’ kata Yaritsu (يَرِثُ )

Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang mewarisi dengan kamu sedang mewarisi itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il mudhori’ Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yaritsu (يَرِثُ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, 

  • هُوَ يَرِثُ  Huwa Yaritsu artinya Dia laki-laki sedang mewarisi
  • هُمَا يَرِثَانِ Huma Yaritsani artinya Mereka berdua laki-laki sedang mewarisi
  • هُمْ يَرِثُونَ Hum Yaritsuna artinya Mereka laki laki sedang mewarisi
  •  هِيَ تَرِثُ Hiya Taritsu artinya Dia wanita sedang mewarisi
  • هُمَا تَرِثَانِ Huma Taritsani artinya Mereka berdua wanita sedang mewarisi
  • هُنَّ يَرِثْنَ Hunna Yaritsna artinya Mereka wanita sedang mewarisi
  •  اَنْتَ تَرِثُ Anta Taritsu artinya Kamu laki-laki sedang mewarisi
  • اَنْتُمَا تَرِثَانِ Antuma Taritsani artinya Kamu berdua laki-laki sedang mewarisi
  • اَنْتُمْ تَرِثُونَ Antum Taritsuna artinya Kamu semua laki-laki sedang mewarisi
  • اَنْت تَرِثِينَ Anti Taritsina artinya Kamu wanita sedang mewarisi
  •  اَنْتُمَا تَرِثَانِ Antuma Taritsani artinya Kamu berdua wanita sedang mewarisi
  • اَنْتُنَّ تَرِثْنَ Antunna Taritsna artinya Kamu semua wanita sedang mewarisi
  • اَنَا أَرِثُ Ana Aritsu artinya Saya sedang mewarisi
  • نحْنُ نَرِثُ Nahnu Naritsu artinya Kami sedang mewarisi

(يَرِثُ) Yaritsu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Yaritsu (يَرِثُ )

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Yaritsu (يَرِثُ ) di Bahasa Arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yaritsu (يَرِثُ ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. 

  1. وَهُوَ يَرِثُهَآ إِن لَّمْ يَكُن لَّهَا وَلَدٌ ۚwahuwa yaritsuhaa in lam yakun laha waladun artinya dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; (An Nisa' ayat 176)
  2. اَوَلَمْ يَهْدِ لِلَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْاَرْضَ مِنْۢ بَعْدِ اَهْلِهَآ awalam yahdi lilladzina yaritsunal ardho min ba'di ahlihaa artinya Atau apakah belum jelas bagi orang-orang yang mewarisi suatu negeri setelah (lenyap) penduduknya? (Al A'rof ayat 100)
  3. يَّرِثُنِيْ وَيَرِثُ مِنْ اٰلِ يَعْقُوْبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا yaritsuni wa yaritsu min aali ya'quba waj'alhu robbi rodhiyyan artinya Yang akan mewarisi aku dan mewarisi dari keluarga Yakub; dan jadikanlah dia, ya Tuhanku, seorang yang diridhoi. (Maryam ayat 6)
  4. وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِى الزَّبُوْرِ مِنْۢ بَعْدِ الذِّكْرِ اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ walaqod katabna fiz zaburi min ba'did dzikri annal ardho yaritsuha 'ibadiyash sholihuna artinya Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Az-Zikr (Lauh Mahfuzh), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh.(Anbiyaa' ayat 105)
  5. الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ alladzina yaritsunal firdausa hum fiha kholiduna artinya (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. (Al Mu'minuun ayat 11)

Posting Komentar untuk "(يَرِثُ) Yaritsu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

close