Menu

Mode Gelap
Arti Beraspirasi Menurut KBBI Arti Aspirasi Menurut KBBI Arti Aspiran Menurut KBBI Arti Aspek Menurut KBBI Arti Pengaspalan Menurut KBBI Arti Teraspal Menurut KBBI

Arab

Contoh Amil Nawashib di dalam Al – Qur’an

badge-check
contoh amil nawashib di dalam al qur'an
Tabel 1.0 Contoh Amil Nawashib di dalam al qur’an

Amil Nawashib adalah huruf yang membuat kalimat fi’il mudhori’ menjadi nashob atau bertanda fathah. Terdapatnya huruf amil nawashib di dalam sebuah kalimat, maka akan menjadikan kata didepannya baik menjadi nashob, Berikut 15 contoh penulisan kalimat amil nawashib di dalam alqur’an, adapun lafadz atau kalimat yang terdapat amil nawashib penulis berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. 

  1. اِنَّ الَّذِيْنَ يُحِبُّوْنَ اَنْ تَشِيْعَ الْفَاحِشَةُ فِى الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌۙ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۗ artinya Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar perbuatan yang sangat keji itu (berita bohong) tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, mereka mendapat azab yang pedih di dunia dan di akhirat.  an tadhiia adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat an nur ayat 19
  2. اَلَا تُحِبُّوْنَ اَنْ يَّغْفِرَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ artinya Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? an yaghfiro adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat an nur ayat 22.
  3. فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ اَنْ يَّضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجٰتٍۢ بِزِيْنَةٍۗ وَاَنْ يَّسْتَعْفِفْنَ خَيْرٌ لَّهُنَّۗ artinya maka tidak ada dosa menanggalkan pakaian (luar) mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan; tetapi memelihara kehormatan adalah lebih baik bagi mereka. an yadho’na dan an yasta’fifna adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat an nur ayat 60.
  4. وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ artinya Dan dia berdoa, “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai;  an asykuro dan an a’mala adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat an naml ayat 19
  5. اِنَّمَآ اُمِرْتُ اَنْ اَعْبُدَ رَبَّ هٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِيْ حَرَّمَهَا وَلَهٗ كُلُّ شَيْءٍ وَّاُمِرْتُ اَنْ اَكُوْنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ artinya Aku (Muhammad) hanya diperintahkan menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) yang Dia telah menjadikan suci padanya dan segala sesuatu adalah milik-Nya. Dan aku diperintahkan agar aku termasuk orang Muslim, an a’buda dan an akuuna adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat an naml ayat 91
  6. وَاَنْ اَتْلُوَا الْقُرْاٰنَ ۚفَمَنِ اهْتَدٰى فَاِنَّمَا يَهْتَدِيْ لِنَفْسِهٖۚ artinya an agar aku membacakan Al-Qur’an (kepada manusia). Maka barangsiapa mendapat petunjuk maka sesungguhnya dia mendapat petunjuk untuk (kebaikan) dirinya, an atluwal qur’an adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat an naml ayat 92
  7. اِنَّاللّهَ لاَيَسْتَحي اَنْ يَّضْرِبَ مَثَلاً مَّا بَعُوْضةً،،، Artinya”Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk,,,,” an yadhriba adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 26.
  8. ,,,وَيَقْطَعُوْنَ مَآاَمَرَ اللّهِ بِه اَنْ يُوْصَلَ وَيُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ,,,  Artinya “dan memutuskan apa yang diperintahkan oleh Allah untuk disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi.” an yushola adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh 27
  9. وَاِذْقُلْتُمْ يمُوْسى لَنْ نُؤْمِنَ لَكَ حَتّى نَرَى اللّهَ جَهْرَةً،،، Artinya dan (Ingatlah) ketika kamu berkata,”Wahai Musa! Kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan jelas,,,lan nu’mina adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 55.
  10. وَاِذْقُلْتُمْ يمُوْسى لَنْ نَّصْبِرَعَلى طَعَامٍ وَاحِدٍ،،،Artinya :”Dan ingatlah ketika kamu berkata “Wahai Musa! Sesungguhnya kami tidak tahan dengan satu makanan saja...” lan nashbiro adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 61.
  11. ،،،قَالَ اَعُوْذُبِاللّهِ اَنْ اَكُوْنَ مِنَ الْجهِلِيْنَ Artinya Dia (Musa) menjawab,”Aku berlindung kepada Allah agar tidak termasuk orang-orang yang bodoh.” an akuuna adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 67.
  12. ،،،فَمَايَكُونُ لَكَ اَنْ تَتَكَبَّرَفِيْهَا،،، Artinya Karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri didalamnya,,,” an tatakabbaro adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 13.
  13. ,,,,,وَقَالُوۡا لَنۡ تَمَسَّنَا النَّارُ اِلَّاۤ اَيَّامًا مَّعۡدُوۡدَةً ‌ ؕ قُلۡ اَتَّخَذۡتُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ عَهۡدًا فَلَنۡ يُّخۡلِفَ اللّٰهُ  Artinya : “Dan Mereka berkata,”Neraka tidak akan menyentuh kami, kecuali beberapa ahri saja.”Katakanlah,”Sudahkan kamu menerima janji dari Allah, Sehingga Allah tidak akan mengingkari janji-Nya..…”. lan tamasysyana dan falan yukhlifa adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 80.
  14. ,,,,بِمَآ اَنۡزَلَ اللّٰهُ بَغۡيًا اَنۡ يُّنَزِّلَ اللّٰهُ مِنۡ فَضۡلِهٖ,,, ,Artinya “Apa yang diturunkan oleh Allah, karena dengki bahwa Allah menurunkan karunianya,,,“. an yunazzila adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 90.
  15. ,,,  وَمَا هُوَ بِمُزَحۡزِحِهٖ مِنَ الۡعَذَابِ اَنۡ يُّعَمَّرَ ,,, Artinya “padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkan mereka dari adzab. an yu’ammaro adalah contoh kalimat amil nawashib di dalam al qur’an surat al baqoroh ayat 96.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Contoh ‘Adad Ma’dud di Al Qur’an dan Aturannya

16 Oktober 2024 - 09:44 WIB

Perbedaan Fi’il Madhi dengan Fi’il Mudhori’ dan Contoh Kalimatnya

15 Oktober 2024 - 11:08 WIB

Bahasa Arab Salah dan Contoh Kalimatnya

15 Oktober 2024 - 09:33 WIB

Bahasa Arab Jawaban dan Contoh Kalimatnya

15 Oktober 2024 - 09:24 WIB

Ya’addhu Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

14 Oktober 2024 - 23:41 WIB

Trending di Arab